Wednesday, 14 August 2013

Metal Alay?


Ketika menjelajah halaman-halaman Facebook untuk mencari info tentang musik black metal, tanpa sengaja saya menemukan gejala baru -atau mungkin sudah lama- yang justru berhubungan dengan yang disebut ALAY. Ada apa dengan black metal dan alay? Bukankah terlihat sangat berlawanan?

Alay merujuk ke gaya anak muda yang cenderung berlebihan -lebay- lengkap dengan aksara dan linguistik yang ajaib. Dengan mudah bisa dikenali dari cara mereka menuliskan nama di halaman Facebook. Contohnya...

-LophuZhatteppbrsabbarmencarrii Ksetiiaandciindta SlmanyakwekKwok
-Dothreea Ciiynonnaluphpink Laggieethuinkkthuinkk
-Diatta Aiishiterru NArutto FoRevver

Nah...yang unik adalah penamaan dengan menggunakan kata-kata yang biasanya digunakan oleh para musisi metal khususnya black metal. Mari kita lihat...

-Ibliezz Dajjal Skrop Katel
-Rieztgroundgothicaldarkness Shimponydamaidalamjiwa
-Darah Hitam Setan Terbelenggu
-Putri Bangkai Para Pendosa
-Sugab Deathvomitbloodvomitduor
-Giman'Syah Menembus Gerbang Kesunyian

Apakah mereka semua diatas adalah alay? Atau sedemikian kuat kah black metal sehingga menjadi sebuah lifestyle yang membuat mereka merubah nama yang indah dengan kata-kata yang menyeramkan?

Hey, alay juga bisa metal! Mereka bisa mengakui bahwa Ya! Gue alay...Tapi gue alay metal! Atau bisa sebaliknya. Gue anak metal...dan gue juga bisa alay!

Gejala penamaan di Facebook dengan kata-kata yang "GRIM", membuktikan black metal telah memberikan pengaruh yang besar terhadap pendengarnya. Akan tetapi juga bisa berdampak negatif untuk scene ini, black metal malah kerap dicap sebagai genre lawak, yang hanya menampilkan atraksi menyeramkan di atas panggung yang akhirnya mendapatkan stempel 'poser'.

Maaf untuk blackmetalheads yang menggunakan nama-nama 'grim' jangan tersinggung atas tulisan ini. Setidaknya anda mampu menjadi satanic, pagan, bejat, gelap dan brutal di alter ego virtual.

\m/
Bekasi, Agustus 2013
KameradEdmond Pencabutkehidupan Berkaosbuntunghitam BlackNista
Post a Comment