Tuesday, 28 July 2015

PAMURBA YATMAKA CAKRA BHIRAWA


Tidak lama setelah Cakra Bhirawa dirilis awal 2014, Shiva Ratriarkha sang pelantun mantra membuat narasi yang menjelaskan maksud dari tiap lagu di album tersebut. Saya sendiri sangat terbantu dengan rekaman narasi ini, lagu Djiwo yang berisi pekik mistis dan riff hipnotis Fancy Burn kini makin bermakna.Maka saya memutuskan untuk merespon narasi ini dengan visual.

Seperti biasa sejak pembuatan video musik Cakra Bhirawa saya dan pihak band tidak pernah bertemu. Hanya terjadi diskusi panjang di jendela whatsapp dan seakan ada kinetis rupa yang menghubungkan ide. Pamurba Yatmaka dimulai dengan mendengar narasi sambil membongkar footage-footage dalam harddisk dan menyusunnya. Proses ini terasa seperti membentuk komposisi baru untuk sebuah album musik dibanding keadaan emosi dalam membuat film.
DJIWO: Fancy Burn & Shiva Ratriarkha.  photo by: I Gede Adhiputra

ADAM, artwork by: Usman Kalabintalu Blakk Art. photo by: I Gede Adhiputra

Pamurba Yatmaka adalah sebuah proses memaknai sebuah lagu dengan gambar-gambar yang sebagian besar tidak ada kaitannya dengan narasi. Pejelasan harfiah dimunculkan dengan karya-karya goresan jahat Usman Kalabintalu yang membuat artwork dari album ini. Narasi Usman tentang gambarnya menjadi pembuka tayang.

Diujung produksi Shiva memberikan mantra rajah kalacakra lengkap dengan gerakan yang semakin memperkuat posisi Djiwo sebagai band Nusantara Black Metal. Gerakan semacam ini juga dilakukan Shiva ketika rekaman vokal pada track Ardum yang berarti gerak/tarian. Mantra tersebut disematkan pada tiap segmen video dan secara ritual menjadi senjata penolak bala. Bagi orang yang mengerti bahasa Jawa ada beberap kalimat mantra yang terdengar menggelikan. Tetapi itulah mantra lengkap kalacakra yang ditemukan Shiva dari berbagai literatur kuno.

DJIWO monogram. design by Shiva Ratriarkha


Video ini diproduksi sebagai alternatif produk video-musik selain video klip, dokumenter biografi, video konser atau dokumentasi proses rekaman. Untuk black metal sebagai genre yang berideologi setidaknya butuh sebuah media untuk menerjemahkan misi yang kadang tidak cukup dengan menyimak lirik.

Kamerad Edmond
Cikini 73, 28 Juli 2015

links:
Djiwo @ tumblr  : http://fuckyeahdjiwo.tumblr.com/
Beli album Djiwo - Cakra Bhirawa :  https://itunes.apple.com/id/album/cakra-bhirawa/id944046151
Video musik Cakra Bhirawa :  https://www.youtube.com/watch?v=cpCvblDpNnY
Album @ Hitam Kelam Store :  http://hitamkelamstore.blogspot.com/2014/12/djiwo-cakra-bhirawa.html
Post a Comment